Rabu, 01 November 2017

USER INTERFACES DAN USER EKSPERIENCE

A. PENGERTIAN USER INTERFACES

      User Interface Design atau yang bahasa Indonesianya itu Desain Antarmuka Pengguna adalah:
Desain antarmuka untuk mesin dan perangkat lunak, seperti komputer, peralatan rumah tangga, perangkat mobile, dan perangkat elektronik lainnya, dengan fokus pada memaksimalkan pengalaman pengguna.
    Bahasa gampangnya yaitu UI Design adalah bagaimana suatu website atau aplikasi yang kamu buat terlihat seperti apa. Orang biasa menyebutnya sebagai tampilan atau desain sebuah website.


Gambar 1 Ranah utama User Interface




B. PENGERTIAN USER EXPERIENCE

    User Interface (UI) adalah bagaimana suatu website atau aplikasi yang kamu buat terlihat seperti apa. Orang biasa menyebutnya sebagai tampilan atau desain sebuah website. Untuk membuat UI bisa menggunakan photoshop atau langsung coding. Namun, kebanyakan web designer dalam membuat UI biasanya menggunakan media pensil dan kertas karena lebih fleksibel.
   User experience memiliki ranah yang lebih luas dari UI, karena ranah UX ini dimulai dengan research pasar – pengguna yang kemudian diimplementasi kedalam sebuah interface. Ya UI adalah bagian dari UX dimana UI merupakan produk akhir dari UX. User experience designer mampu menghasilkan user interface yang mudah digunakan oleh target penggunanya. Karena ranah UX ini terlihat cukup luas, pada beberapa perusahaan memecah UX designer menjadi 2 kelompok, UX Researcher dan UI Designer untuk menciptakan user experience dari suatu apps atau website yang baik.
   Seorang user experience designer bisa menjawab mengapa suatu tombol itu terletak dibawah gambar dari konten utama, berwarna hijau, memilki icon bergambarkan kotak dengan panah kearah bawah. Apakah anda mengetahui tombol apa yang dimaksud? Jika iya itulah mindset yang sudah dibuat oleh seorang UX designer untuk menyesuaikan kemampuan dan pengalaman penggunanya. ya tombol yang dimaksud adalah sebuah tombol download.

Tidak ada komentar: